Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Software Payroll VS Microsoft Excel, Mana yang Lebih Baik Kelola Gaji?

Software Payroll VS Microsoft Excel, Mana yang Lebih Baik Kelola Gaji?

Pengelolaan gaji menjadi hal yang merepotkan bagi perusahaan. Sebab, ada banyak komponen dalam gaji karyawan yang cukup merepotkan seperti PPh21, tunjangan, reimbursement dan juga akhirnya harus menyesuaikan dengan regulasi payroll di dalam UU Ketenagakerjaan yang berlaku. Pada akhirnya membuat perhitungan menjadi semakin rumit. Untuk mempermudah proses pengelolaan gaji, Kebanyakan Anda memanfaatkan Microsoft Excel untuk mengelolanya.


Tapi apakah cara itu cukup efektif? Ternyata tidak juga. Ada sebuah perangkat lunak berupa software payroll yang mampu mengelola gaji dengan efektif dan efisien. 

Perbandingan Software payroll dan MS Excel dalam Kelola Gaji

Jika dilihat sekilas, menggunakan microsoft excel sebenarnya sudah cukup bagus. Namun, MS Excel tidak mendukung beberapa hal seperti yang ada di dalam software payroll. Keterbatasan ini justru semakin menyulitkan pengelolaan maupun perhitungan gaji.

Jadi, mana yang lebih bagus? Simak perbandingannya berikut ini! 

Transparansi 

Dengan menggunakan software payroll anda dapat menghitung gaji secara transparan. Segala perubahan dalam informasi dan data penggajian dapat langsung dilihat oleh karyawan lain yang bertanggung jawab atas payroll karyawan. Hal ini tentu mendukung transparansi internal dan pertanggungjawaban perusahaan terkait pengelolaan gaji. Kondisi tersebut jauh berbeda dengan penggunaan microsoft excel yang tidak terupdate secara real time. 

Integrasi

Penggajian karyawan membutuhkan data kehadiran dari sistem absensi. Untuk integrasi, software payroll selangkah lebih unggul. Anda tidak perlu menginput data kehadiran secara manual karena sistem payroll dapat terintegrasi dan otomatis menarik data kehadiran dari sistem absensi. Sedangkan menggunakan excel, Anda harus melakukan entry manual yang beresiko terjadi human error berupa kesalahan input data.   

Otomatisasi

Menggunakan MS Excel memang mampu menghitung gaji melalui Rumus Excel. Akan tetapi, rumus excel tidak mampu mengotomatisasi berbagai proses terkait penggajian seperti penyusunan slip gaji dan laporan penggajian. Sedangkan software payroll mampu melakukan otomatisasi slip gaji dan laporan penggajian dengan cepat dan akurat. Anda tak perlu lagi memindahkan data ke bagan kosong kemudian mengecek apakah semua data sudah benar atau tidak. 

Fleksibilitas

Jika menggunakan excel, maka Anda harus mengerjakan proses penggajian di kantor. Namun, software payroll menawarkan fleksibilitas yang tidak dimiliki oleh HR Software. Karena dapat diakses secara online, software payroll jauh lebih fleksibel dan praktis dibandingkan excel. Anda pun dapat menghitung gaji dimana saja dan kapan saja. 

LinovHR: Proses Gaji Otomatis &  Akurat dengan Software payroll Indonesia 

Berdasarkan penjelasan singkat di atas, dapat disimpulkan bahwa software payroll indonesia lebih handal dalam menghitung gaji dibandingkan rumus excel. Selain otomatis, akurat, dan cepat. Software payroll Indonesia juga didukung oleh cloud based server yang mampu menyimpan semua data dalam satu pusat. Anda pun dapat meninggalkan tumpukan dokumen yang memakan banyak tempat. 

LinovHR menyediakan kemudahan dalam mengelola gaji dengan software payroll. Tampilan user interface dari LinovHR mudah dipahami. Jadi, Anda tidak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi dengan fitur yang ada dalam software payroll Indonesia dari LinovHR. Salah satu fitur yang paling membantu Anda dalam memproses gaji adalah process payroll. Cukup klik process payroll, maka gaji akan dihitung otomatis secara serentak. Tidak ada lagi masalah penggajian seperti telat terima gaji atau salah hitung gaji. Bersama LinovHR, penggajian perusahaan jauh lebih praktis dan cepat!

Posting Komentar untuk "Software Payroll VS Microsoft Excel, Mana yang Lebih Baik Kelola Gaji?"