Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MENDADAK HP Xiaomi Mati Sendiri ? Atasi Dengan 7 Cara Ini !

HP tiba tiba mati mendadak sering dialami para pengguna android, kali ini saya akan mengulas masalah tersebut jika terjadi di HP Xiaomi.

Namun perlu untuk kamu pahami terlebih dahulu bahwa masalah HP Xiaomi yang mati sendiri berbeda dengan xiaomi restart sendiri, apalagi bootloop. Dengan begitu cara mengatasi hp xiaomi mati sendiri tentu juga akan berbeda dengan masalah - masalah tersebut.

Jadi jangan salah kaprah ya gaes ..

Untuk kamu yang mengalami kondisi dimana hp xiaomi sering mati sendiri saat bermain game, mendadak mati setelah telepon lewat internet ataupun hp xiaomi mati saat dicas, cara ini akan cocok buat kamu.

Intinya ..

.. cara di bawah ini bisa kamu terapkan di hp xiaomi redmi 4A, redmi note 4, redmi 4X, redmi 5A, redmi 6A, atau xiaomi redmi note 7 dan semua tipe xiaomi yang mendadak mati secara tiba - tiba.



Penyebab HP Xiaomi Mati Sendiri


Banyak pengguna di beberapa forum dan grup mengatakan : ".. hp xiaomi sering mati sendiri itu terjadi saat sedang di charge".

Dan ternyata rata - rata mereka berpendapat bahwa alasan kenapa hp xiaomi tiba tiba mati tanpa alasan tersebut disebabkan oleh faktor seperti :

  1. Persentase Baterai Tidak Akurat. Contoh kasus, status baterai tertampil 70% padahal kapasitas baterai sebenarnya tersisa 5% saja. Dengan begitu akan menyebabkan hp xiaomi mati sendiri padahal baterai penuh.
  2. Efek HP Diroot. Melakukan root memang memiliki banyak manfaat namun jika salah dalam penggunaannya justru malah akan membuat hp xiaomi mati.
  3. Overheating. Atau kondisi dimana perangkat android terlalu panas, agar tidak merusak komponen didalamnya (chipset) sistem akan mematikan daya demi keamanan.
  4. Sistem Error. Sering kali disebabkan karena Bugs atau kapasitas RAM penuh.
  5. Baterai Xiaomi Rusak. Kerusakan baterai seperti tegangan ngedrop, bocor atau lainnya bisa membuat hp xiaomi suka mati sendiri saat dicas.
  6. Komponen Rusak. Sering kali akibat hp xiaomi terjatuh ataupun kena air akan mengakibatkan komponen seperti ic dan konektor mengalami kerusakan.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Yang Tiba Tiba Mati Sendiri

7 cara mengatasi hp xiaomi sering mati sendiri

Dari penyebab di atas, jika hp xiaomi kamu sering mati sendiri maka hal yang perlu diperhatikan adalah pada bagian baterai dan sistem perangkat tersebut.

Selama tidak ada kerusakan pada komponen didalamnya akibat jatuh atau terkena air, untuk memperbaiki hp xiaomi yang mendadak mati sendiri tersebut dapat kamu atasi dengan cara berikut ini :

1. Hapus Akses Root.


Tidak sedikit hp xiaomi mati sendiri karena masalah root. Entah itu karena aplikasi yang tidak cocok atau proses root yang selalu gagal.

Apabila setelah melakukan root performa hp xiaomi malah menurun (cirinya hp sering ngehang) dibandingkan dengan sebelum diroot, saran saya segera lakukan un-root.

Tujuannya untuk melepas akses root pada hp xiaomi.

2. Bersihkan File Sampah Yang Menumpuk.


Tidak dipungkiri file sampah yang menumpuk akan menyebabkan kapasitas RAM dan ruang penyimpanan hp xiaomi penuh.

Jika dibiarkan terus menerus, akibatnya hp xiaomi jadi sering mati sendiri.

File sampah yang dimaksud disini dapat berupa file gambar whatsapp ataupun file cache browser dan aplikasi jika kamu sering menggunakan browser dan aplikasi media sosial.

Untuk membersihkannya, ada 3 cara yang bisa kamu lakukan. Yaitu dengan cara :

  1. Cara Pertama : Masuk ke menu pengaturan > Apps > Cari aplikasi yang ingin dibersihkan cache-nya (Pilih yang sering dipakai) > Lalu klik Clear Cache.
  2. Cara Kedua : Kamu bisa mencoba membersihkan file sampah dengan aplikasi pihak ketiga seperti aplikasi cleaner.
  3. Cara Ketiga : Hapus aplikasi lewat Pengaturan Pabrik atau menu Mi Recovery.

Mengapa menghapus aplikasinya dengan metode Factory Reset ? Sebab aplikasi tidak resmi terkadang terdapat virus / bugs didalamnya akan membuat hp xiaomi mendadak mati sendiri ketika akan uninstall apk tersebut.

3. Kalibrasi, Jika HP Xiaomi Mati Sendiri Padahal Baterai Penuh


Seperti yang saya katakan sebelumnya, tampilan status baterai yang berbeda dengan sisa baterai secara real-nya tentu bisa menjadi penyebab hp xiaomi suka mati sendiri.

Dengan tampilan persentase baterai yang tidak akurat tersebut akan menjadikan masalah hp xiaomi mati sendiri padahal baterai masih banyak.

Untuk mengkalibrasi baterai hp xiaomi agar normal kembali saya memiliki 2 cara, yaitu menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi. Jika kamu ingin menggunakan aplikasi, Battery Calibration dapat kamu unduh secara gratis di Playstore.

Tapi kalau tanpa aplikasi, caranya :

  1. Gunakan hp xiaomi sampai kondisi baterai benar - benar habis 0%.
  2. Setelah hp xiaomi mati, cas hp xiaomi menggunakan charger 1A sampai persentase baterai penuh.
  3. Kemudian nyalakan hp xiaomi.
  4. Selanjutnya gunakan hp seperti biasa namun lakukan pengisian daya sebelum baterai habis menggunakan charger bawaan ponsel.

Ini yang perlu kamu pahami lagi :

Tujuan kalibrasi baterai hp android adalah untuk menormalkan kembali pembacaan status baterai yang error, bukan untuk menghemat penggunaan baterai hp.

Memang masalah pembacaan baterai hp yang tidak sesuai akan muncul seiring dengan umur pakai baterai hp itu sendiri.

Namun apabila kamu tidak mengupdate sistem hp, melakukan proses rooting ataupun menggunakan custom rom yang tidak sesuai, masalah tampilan baterai tidak akurat akan cepat terjadi.

4. Cabut Pasang Charger HP Xiaomi.


Kebiasaan tidak melepas charger setelah selesai mengisi daya dapat mengakibatkan charger panas dan rusak.

Akibatknya arus yang dihasilkan menjadi tidak normal dan sesuai dengan kapasitas baterai hp xiaomi. Efek terburuknya, akan terjadi short sehingga hp xiaomi mati mendadak.

Solusinya :

Cabut pasang colokan charger bila perlu cari sumber daya listrik lainnya.

5. Ganti Charger Lain.


Kenapa hp xiaomi tiba tiba mati ? Sebab HP Xiaomi yang terlalu panas akibat dicas menggunakan charger rusak dapat mengakibatkan mendadak mati sendiri.

Jika masalah hp xiaomi tiba tiba mati total terjadi setiap kali sedang di charge bisa jadi penyebabnya ada pada chargernya.

Maka dari itu coba kamu ganti adaptor atau kabel charger dengan yang lain, bila memungkinkan ganti saja keduanya.

6. Dinginkan HP.


xiaomi redmi note 3 tiba tiba mati

Jika dengan cabut pasang dan mengganti charger masih belum bisa mengatasi hp xiaomi tiba tiba mati saat di charge, maka coba kita biarkan handphone tersebut dalam beberapa menit.

Kesadaran untuk tidak menggunakan smartphone saat mengisi daya menjadi langkah terbaik saat ini. Hal ini dikarenakan hp android akan mengalami overheating apabila saat dicas malah kamu gunakan untuk beraktivitas di media sosial.

Untuk itu langkah yang perlu kamu lakukan :

  1. Pastikan hp dalam kondisi mati.
  2. Biarkan 5 - 10 menit / kondisi hp tidak panas.
  3. Lalu hubungkan charger ke hp xiaomi.
  4. Tunggu baterai sampai penuh baru hidupkan kembali.

Namun bila hp xiaomi tidak mau hidup maka coba lakukan langkah berikut ini.

baca juga : Penyebab HP Xiaomi Tidak Bisa Nyala

7. Lepas dan Pasang Konektor Baterai Xiaomi


Dicas tapi tidak masuk bisa menjadi penyebab hp xiaomi tidak bisa nyala. Sering kali masalah pada software atau konektor baterai adalah sumber penyebabnya.

Jika hp xiaomi memiliki tipe baterai removeble, kamu hanya perlu melepas baterai buat ngatasin software yang error. Tapi bagaimana jika hp xiaomi kamu baterai tanam ?

Mudah kok ..

Kamu cukup melepas lalu pasang kembali konektor baterai hp-nya.

Supaya lebih mudah, kamu bisa melihat video melepas pasang konektor baterai pada artikel saya sebelumnya yang mengulas masalah hp xiaomi tiba tiba mati total dan tidak bisa dicas.

cara mengatasi hp xiaomi tiba tiba mati total dan tidak bisa dicas

Mengapa ini berhasil ? Sebab terkadang hp xiaomi yang habis terjatuh akan membuat konektor baterai jadi kurang kencang, efeknya xiaomi mati hidup di logo dan parahnya mendadak mati total.


Akhir Kata

Selama bukan karena kerusakan komponen, kamu masih bisa mengatasi masalah hp xiaomi yang mati sendiri tersebut.

Namun jika sudah ada komponen hp yang rusak sebaiknya bawa saja ke tempat service dan jangan coba - coba melakukan perbaikan apabila tidak memahaminya. Bisa - bisa biaya service membengkak akibat salah memperbaikinya.

Semoga pertemuan kita kali ini bisa memberikan manfaat untuk semuanya, sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "MENDADAK HP Xiaomi Mati Sendiri ? Atasi Dengan 7 Cara Ini !"